Selasa, 06 Januari 2009

Visi dan Misi bagi Bisnis

Karena rencana strategis adalah bertujuan untuk menghasilkan suatu kegiatan usaha yang berkelanjutan dan jangka panjang akan sasaran yang akan dicapai, maka perlu adanya pedoman/kompas/misi yang di buat oleh UMKM sekalipun. Berdasarkan penelitian terbukti banyak perusahaan tidak menyampaikan secara jelas perihal sasaran yang hendak mereka capai atau perihal misi para pemilik bisnis tentang pentingnya pertumbuhan perusahaan kepada para karyawannya. Setiap orang karyawan hanya datang ke tempat kerja dan melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya di dalam ruangannya masing-masing, mengambil upah bulanan, lalu pulang ke rumah. Sangat sedikit karyawan di luar manajemen puncak yang benar-benar mengetahui sasaran akhir atau memahami bagaimana setiap pekerjaan atau tanggung jawab tertentu mempengaruhi sasaran perusahaan secara keseluruhan. Telah terbukti pada kelompok usaha manapun bahwa jika Anda tidak tahu kemana arah Anda, maka sangat kecil peluang Anda untuk tiba di tujuan.
Organisasi-organisasi mengembangkan pernyataan misi untuk membaginya dengan manager, karyawan, dan pelanggan mereka. Pernyataan misi yang baik memberikan karyawan rasa kebersamaan dalam tujuan, arah, dan peluang perusahaan. Pernyataan misi harus dapat menuntun para karyawan agar mampu bekerja mandiri namun dapat mencapai tujuan organisasi.